IOT Project #3 – Mengendalikan Saklar Online NodeMCU-Firebase Menggunakan Android

Aplikasi Android dapat mengendalika saklar online yang kita buat pada proyek sebelumnya (proyek 1 dan 2). Untuk kemudahan, aplikasi Android ini akan dibuat menggunakan MIT App Inventor yang berbasis blok.

Tujuan

Proyek IOT#3 akan membahas tentang pembuatan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk menghidup-matikan saklar online dari jarak jauh.

Hardware

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat proyek ini sama dengan proyek sebelumnya yaitu:

  • 1 Board NodeMCU
  • 1 momentary switch button
  • Kabel jumper secukupnya
  • 1 modul relay
  • Koneksi internet melalui wifi
  • Ditambah dengan HP Android

Software

MIT App Inventor

Prosedur

Sebelum memulai proyek ini pastikan sudah mempraktikkan proyek IOT #2. Kita tidak akan mengubah apappun dalam proyek tersebut. Pada proyek ini akan dibuat aplikasi Android untuk mengendalikan saklar. Pada prinsipnya Aplikasi ini tidak mengendalikan saklar secara langsung melainkan mengatur nilai database, yaitu field “saklar”. Pada aplikasi akan dibuat 2 tombol untuk mengubah nilai field. Jika tombol ON ditekan maka nilai akan diubah ke 1, jika OFF ditekan, nilai akan diubah ke 0. Nilai di field database akan dibaca oleh NodeMCU dan saklar yang terhubung akan dihidup-matikan sesuai nilai field tersebut

Rangkaian Hardware

Rangkaian hardware ini sama dengan proyek 2, yaitu kita hubungkan salahsatu kaki dari tombol momentary ke Ground NodeMCU dan kaki lainnya dihubungkan ke salahsatu PIN, dalam contoh ini menggunakan PIN D1. Untuk melihat hasil dari proyek ini akan kita gunakan indikator lampu LED pada board internal NodeMCU. Modul relay dihubungkan pin VCC relay ke 3.3v NodeMCU, ground dihubungkan ke ground dan pin data IN relay dihubungkan ke pin D5 NodeMCU.

Pembuatan Aplikasi

Pertama kali masuklah ke MIT App Inventor. Kita dapat menggunakan akun Google
Buatlah proyek baru dan namai proyek tersebut , misalnya IOT Button.
Tambahkan beberapa komponen dari kolom di sebelah kiri, seretlah komponen ke area viewer yang ada di tengah.
Komponen yang ditambahkan adalah 2 buah button (ada pada kelompok user interface). Tombol ini dapat diatur layoutnya, misalnya warna, ukuran font dll. Caranya dengan mengatur nila-nilai di kolom Properties di sebelah kanan.

Satu lagi komponen yang perlu ditambahkan yaitu FirebaseDB (berada pada kelompok experimental). Pada bagian properties perlu diatur beberapa settingan, yaitu URL dari database, token keamanan (jangan salah dengan API key ya) dan juga bucket. Tentang URL database dan token telah dibahas di bagian sebelum ini. Untuk bucket, karena pada proyek sebelumnya tidak menggunakan bucket, maka nilainya dikosongkan.

Setelah user interface dibuat, selanjutnya buka block editor dan tambahkan event untuk tombol 1 dan tombol 2. Jika tombol diklik maka akan dijalankan blok program untuk mengatur nilai database.
Setelah selesai, aplikasi ini dapat di-build dan diinstal ke HP Android.

Pengujian

Untuk menguji aplikasi ini pertama kali setelah dijalankan pastikan tidak ada error koneksi ke Firebase. Jika ada error silahkan cek lagi URL database dan token. Jika ada kesalahan, harus dibuild ulang dan diinstal lagi.
Jika sudah tidak ada maka cobalah mengeklik/tap tombol ON dan OFF. Pastikan tidak ada error. Bukalah console database Firebase dan buka pada bagian yang untuk menampilkan data. Perhatikan pada nilai field “saklar”. Pencet tombol ON atau OFF pada aplikasi Android. Tunggu beberapa saat dan perhatikan apakah nilai dari field tersebut berubah. Jika belum, pastikan koneksi internet tidak ada masalah.
Jika aplikasi sudah bekerja sesuai yang kita inginkan, sekarang kita cobakan pada hardware langsung. Nyalakan NodeMCU dan pastikan semua perkabelan (wiring) sudah benar. Tunggu sampai NodeMCU terhubung. Setelah itu coba hidup-matikan tombol dengan memencet tombol fisik (momentary switch) seperti pada proyek 2. Jika tidak ada masalah, sekarang lanjutkan dengan menguji tombol di aplikasi Android. Jika tidak ada masalah, maka saklar akan dapat dikendalikan melalui tombol fisik maupun tombol virtual melalui aplikasi Android

Pengembangan

Aplikasi Android yang dibuat ini adalah versi minimal, kita dapat mengembangkan lebih lanjut baik secara tampilan maupun fungsionalitas. Sebagai contoh kita dapat menampilkan status saklar apakah sedang ON atau OFF. Selain itu tombol di aplikasi dapat dibuat satu tombol saja, dimana status ON-OFF akan atmpil di tombol tersebut dan berubah sesuai status saklar.
Pengembangan lainnya adalah dengan menambah saklar menjadi lebih dari satu sehingga kita dapat mengatur lebih banyak perangkat elektronik melalui satu buah board NodeMCU (beberapa proyek di internet ada yang membuat sampai 4 perangkat). Untuk membuat lebih dari satu saklar tentusaja kita perlu memodifikasi proyek 2 baik dengan menambah perangkat maupun mengedit kode programnya.

Klik SUKA di FB Page Teknologi Pembelajaran

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *